Program Studi : PBA (Pendidikan Bahasa Arab)
Universitas/Kampus : Sekolah Tinggi Agama Islam Mathaliul Falah (STAIMAFA)
Kode / Nama Mata Kuliah : /Psikologi Perkembangan
Semester :
Ganjil
Satuan Kredit Semester : 2 SKS
Jumlah jam kuliah dalam seminggu :
Dosen :
Faiz Aminuddin, MA
Deskripsi Matakuliah :
Mata kuliah psikologi
perkembangan merupakan mata kuliah yang mempelajari pokok-pokok perkembangan
manusia dari mulai masa prenatal sampai masa dewasa dan lanjut usia. Pengetahuan
ini memberikan pijakan bagi para mahasiswa untuk memberikan pelayanan dan
pendidikan kepada anak didik sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengetahuan
ini juga memberikan pijakan bagi para mahasiswa dalam pengambilan kebijakan dan
dalam merumuskan program-program di bidang pendidikan. Topik-topik yang akan
didiskusikan meliputi dasar-dasar perkembangan, ruang lingkup, tugas-tugas
perkembangan, teori-teori, metode psikologi perkembangan, perkembangan fisik, perkembangan
kognitif, perkembangan emosi dan perkembangan psikososial dari masa prenatal
hingga lanjut usia.
Standar
Kompetensi :
Mahasiswa
dapat memahami dan dapat menganalisa tahapan-tahapan perkembangan manusia untuk
diaplikasikan dalam dunia pendidikan.
Pert ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok Bahasan
|
Materi
|
Media
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Sumber/ referensi
|
I
|
· Mahasiswa memahami peraturan
perkuliahan
· Mahasiswa mengetahui materi selama satu
semester
|
· Mahasiswa bisa mengikuti aturan perkuliahan
· Mahasiswa bisa merencanakan proses
perkuliahan
|
General Overview
|
1. Kontrak
Belajar
2. Overview
Materi
3. Sistem
Evaluasi
|
|||
II & III
|
·
Mahasiswa dapat
memahami pengertian dan ruang lingkup psikologi perkembangan
·
Mahasiswa
dapat memahami teori dan metode psikologi perkembangan
|
·
Mahasiswa mampu
menjelaskan pengertian, hakikat, prinsip-prinsip, tujuan, manfaat, sejarah,
isu-isu dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan hukum-hukum
psikologi perkembangan
·
Mahasiswa mampu
menjelaskan teori, fungsi, teori dalam psi perkembangan dan metode penelitian
psikologi perkembangan
|
· Pengertian dan ruang lingkup psikologi perkembangan
· Teori dan metode psikologi perkembangan
|
1. Pengertian Psi Perkembangan dan hakikat perkembangan
2. Prinsip-prinsip perkembangan
3.
Tujuan dan manfaat mempelajari Psi
Perkembangan
4.
Sejarah Psi Perkembangan
5.
Isu-isu penting dalam Psi
Perkembangan (Sifat dasar manusia, konsep bawaan & lingkungan atau nature
dan nurture)
6.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan
7.
Hukum-hukum
psikologi perkembangan
8.
Teori dan
fungsi teori dalam Psi Perkembangan
9.
Metode
penelitian psikologi perkembangan
|
Power Point
|
·
Interactive lecturing
·
Gallery
·
Every one is a teacher
here
|
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Zulkifli, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2003.
·
Kasiram., M, Ilmu Jiwa
Perkembangan (bagian ilmu jiwa anak), Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
|
IV & V
|
Mahasiswa dapat memahami perkembangan prenatal dan kelahiran
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri, tahap-tahap
perkembangan, mitos-mitos, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan
bahaya selama periode prenatal
· Mahasiswa mampu menjelaskan tahap-tahap kelahiran,
jenis-jenis melahirkan dan pengaruh kelahiran terhadap perkembangan
pascalahir
|
Perkembangan
prenatal dan kelahiran
|
1. Ciri-ciri periode prenatal
2. Tahap-tahap perkembangan prenatal (Tahap geminal,
embrio dan janin)
3. Mitos-mitos dalam masa prenatal
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
prenatal (Kesehatan ibu, gizi ibu, pemakaian bahan-bahan kimia dan keadaan
emosi ibu)
5. Bahaya selama periode prenatal
6. Tahap-tahap kelahiran
7. Jenis-jenis melahirkan
8. Pengaruh kelahiran terhadap perkembangan
|
Power Point dan makalah
|
·
Interactive lecturing
·
Group to Group exchange
·
Gallery
|
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Zulkifli, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2003.
·
Kasiram., M, Ilmu Jiwa
Perkembangan (bagian ilmu jiwa anak), Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
·
Hurlock., E.B, Psikologi
Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
|
VI
|
Mahasiswa dapat memahami perkembangan masa
bayi
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri
masa bayi, tugas perkembangan pada masa bayi dan perkembangan fisik bayi
· Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan
kognitif, emosi dan psikososial bayi
|
Perkembangan
masa bayi
|
1. Ciri-ciri dan tugas perkembangan dalam masa bayi
2. Perkebangan fisik (Tinggi dan berat badan, rangkaian tingkah laku dan
keadaan bayi, perkembangan refleks, keterampilan motorik, sensori,
perkembangan otak dan gizi)
3. Perkembangan Kognitif (perkembangan persepsi, konsepsi, memori dan
bahasa)
4. Perkembangan emosi dan Perkembangan Psikososial (Temperamen, attachment, hubungan dengan keluarga, rasa
percaya, bahaya dalam masa bayi dan perkembangan otonomi)
|
Power Point dan makalah
|
·
Interactive lecturing
·
Group to Group exchange
·
Gallery
|
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Zulkifli, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2003.
·
Kasiram., M, Ilmu Jiwa
Perkembangan (bagian ilmu jiwa anak), Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
·
Hurlock., E.B, Psikologi
Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
|
VII
|
Mahasiswa dapat memahami perkembangan masa awal anak-anak
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri
dan tugas perkembangan pada masa awal anak-anak
· Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan
fisik, kognitif dan psikososial masa awal anak-anak
|
Perkembangan
masa awal anak-anak
|
1. Ciri-ciri dan tugas perkembangan pada masa awal
anak-anak
2. Perkembangan fisik (Tinggi dan berat badan,
perkembangan otak, perkembangan motorik, gizi dan kesehatan di dunia anak)
3. Perkembangan kognitif (perkembangan persepsi,
memori, atensi, pemprosesan informasi dan perkembangan bahasa)
4. Perkembangan Psikososial (permainan dan tingkah
laku bermain, gaya pengasuhan, hubungan dengan keluarga, hubungan dengan
teman sebaya, gender, bahaya pada masa
awal anak-anak, efek televisi dan perkembangan moral)
|
Power Point dan Makalah
|
·
Interactive lecturing
·
Group to Group exchange
·
Gallery
|
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Zulkifli, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2003.
·
Kasiram., M, Ilmu Jiwa
Perkembangan (bagian ilmu jiwa anak), Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
·
Hurlock., E.B, Psikologi
Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
|
VIII & IX
|
Mahasiswa dapat memahami perkembangan
masa pertengahan dan masa akhir anak-anak
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri,
tugas perkembangan pada masa pertengahan serta akhir anak-anak
· Perkembangan fisik, kognitif dan
psikososial anak masa pertengahan serta akhir
|
Perkembangan masa pertengahan dan akhir anak-anak
|
1.
Ciri-ciri
dan tugas perkembangan masa pertengahan serta masa akhir anak-anak
2.
Perkembangan fisik (Berat
badan, tinggi badan dan perkembangan motorik)
3.
Perkembangan kognitif
(Perkembangan memori, pemprosesan informasi, pemikiran kritis, gangguan
belajar, inteligensi/IQ, kecerdasan emosional/EQ, kecerdasan spiritual/SQ,
kreativitas dan bahasa)
4.
Perkembangan psikososial
(perkembangan pemahaman diri, stres,
hubungan dengan keluarga, hubungan dengan teman sebaya, sekolah,
gender dan perilaku serta motivasi anak dalam belajar)
|
Power Point dan Makalah
|
·
Interactive lecturing
·
Group to Group exchange
·
Gallery
|
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Zulkifli, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2003.
·
Kasiram., M, Ilmu Jiwa
Perkembangan (bagian ilmu jiwa anak), Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
·
Hurlock., E.B, Psikologi
Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
·
Saefullah, Psikologi
Perkembangan dan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
|
X, XI,
XII &
XIII
|
Mahasiswa
menguasai perkembangan masa remaja
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan
pubertas, rentang usia remaja, ciri-ciri, tugas-tugas perkembangan masa
remaja dan pemenuhannya
· Mahasiswa mampu menjelaskan
kebutuhan-kebutuhan remaja
· Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan
fisik, kognitif, emosi dan psikososial remaja
· Mahasiswa mampu menjelaskan
permasalahan remaja, penanggulangannya dan menumbuhkembangkan potensi remaja
|
Perkembangan masa remaja
|
1. Perubahan
pubertas
2. Rentang
usia, ciri-ciri remaja (ciri-ciri umum, ciri-ciri
khas remaja awal serta akhir) dan tugas perkembangan
pada masa remaja serta pemenuhannya
3. Kebutuhan-kebutuhan remaja (Kebutuhan
sebagai penentu pola tingkah laku, kebutuhan remaja secara umum, kebutuhan
khas remaja dan kebutuhan remaja dalam kesehatan mental di sekolah)
4. Perkembangan fisik (Tinggi serta berat badan dan proporsi tubuh)
5. Perkembangan kognitif (Perkembangan pengambil keputusan, orientasi masa
depan, kognisi sosial, moral dan pemahaman agama)
6. Perkembangan emosi dan perkembangan psikososial remaja (Identitas,
hubungan dengan orang tua, hubungan dengan teman sebaya, remaja ditinjau dari
pendekatan kebudayaan dan seksualitas)
7. Permasalahan remaja serta
penanganannya
8. Menumbuhkan potensi remaja
|
Power Point dan makalah
|
·
Interactive lecturing
·
Group to Group exchange
·
Gallery
|
·
Mighwar., M, Psikologi
Remaja. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
·
Panuju., P & Umami., I, Psikologi
Remaja, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya, 2005.
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Hurlock., E.B, Psikologi
Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
|
XIV
|
Mahasiswa menguasai perkembangan masa
dewasa dan lanjut usia
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri
dan tugas perkembangan masa dewasa
· Mahasiswa mampu menjelaskan masa
transisi dari masa remaja menuju masa dewasa dan transisi dari sekolah menuju
universitas
· Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan
fisik, kognitif dan psikososial masa dewasa sera tua
· Kematian dan saat sekarat
|
Perkembangan masa dewasa dan lanjut usia
|
1. Ciri-ciri dan tugas Perkembangan masa dewasa
2. Masa transisi dari masa
remaja menuju masa dewasa dan transisi dari sekolah menuju universitas
3. Perkembangan fisik (Kesehatan badan, perkembangan
sensor dan perkembangan otak)
4. Perkembangan kognitif (Pemikiran postformal,,
memori dan intelegensi)
5. Perkembangan psikososial (Karir/ pekerjaan & Keintiman)
|
Power Point dan makalah
|
·
Interactive lecturing
·
Group to Group exchange
· Gallery
|
·
Monks., F.J, Knoers, A.M.P & Haditono,
S.T, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2006.
·
Desmita, Psikologi Perkembangan,
Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005.
·
Santrock., J.W, Life Span
Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
·
Hurlock., E.B, Psikologi
Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
|
Referensi
Monks.,
F.J, Knoers, A.M.P & Haditono, S.T, Psikologi Perkembangan,
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.
Desmita, Psikologi
Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Santrock., J.W, Life
Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga, 2002.
Zulkifli, Psikologi
Perkembangan, Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2003.
Kasiram., M, Ilmu Jiwa
Perkembangan (bagian ilmu jiwa anak), Surabaya:
Usaha Nasional, 1983.
Hurlock.,
E.B, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 1990.
Saefullah,
Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Mighwar.,
M, Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Panuju.,
P & Umami., I, Psikologi Remaja, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya,
2005.
Anjuran
Cicchetti., D
& Cohen., D.J, Developmental Psychopathology (Volume 1: Theory and
Methods), New York:
John Wiley & Sons, Inc, 1995.
Cicchetti.,
D & Cohen., D.J, Developmental Psychopathology (Volume 2: Risk, Disorder
and Adaptation), New York:
John Wiley & Sons, Inc, 1995.