Rabu, 11 Maret 2015

7 KULINER ASLI GEMBONG YANG "MENDUNIA"


1. Tape Gembong: Sudah menjadi tradisi dari dulu kalau Kecamatan Gembong menjadi penghasil tape terbaik di Kabupaten Pati. Rasanya yang enak dan berkarakter menjadikan tape Gembong selalu dirindukan oleh banyak orang (Mak Cesss lah rasanya). Di taruh di kulkas akan membuat rasanya tambah nyess, apalagi kalau di buat es tape, joss pokoknya. Tape sendiri adalah hasil fermentasi dari ubi kayu, proses fermentasi yang dilakukan terhadap singkong menghasilkan rasa manis dan sedikit asam. Bagi yang sudah sampai kecamatan Gembong bisa langsung menuju TKP pembuatan tape yang terdapat di beberapa titik, seperti di Dusun Bergat, di Desa Pohgading, di Desa Gembong, dan beberapa titik yang lain. Bahkan sekarang sudah dikembangkan tape bakar, penasaran silahkan mencobanya langsung di Gembong.

2. Jeruk Pamelo: Jeruk pamelo Gembong memang sedang booming di Kabupaten Pati dan sekitarnya, bahkan sudah me-nasional (orang-orang Eropa dan Asia Timur pada seneng lho sama buah ini). Sebagai buah yang dikembangkan masyarakat Gembong khususnya di Desa Bageng mempunyai nama ilmiah Citrus maxima mempunyai ciri khas, yaitu buah berukuran besar berwarna hijau, daging buah berwarna merah, sedikit biji di dalamnya dan rasanya sangat manis. Ada banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah pamelo. Antaralain Likopen sebagai anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mampu mencegah jerawat, flek atau noda bahkan kanker kulit. Paktin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Zat aktif yang dapat berfungsi untuk membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit. Kalium yang efektif untuk membuat semua sel, jaringan, dan seluruh organ dalam tubuh manusia bisa berfungsi dengan baik serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal. Ditambah lagi mengandung vitamin C dan memiliki kandungan vitamin lainya antara lain vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat. Tertarik, silahkan beli, harganya terjangkau kang, mas, mbak, om, tante.

3. Ikan Sombro goreng Bunton: Sombro goreng di Dusun Bunton, Desa Bageng ini memang tempatnya sederhana, agak masuk dari ibu kota Kecamatan Gembong, tetapi menariknya tidak pernah sepi dari pembeli. Para pegawai dari Kabupaten Pati sering makan siang di Sombro Bunton ini. Rasa ikan sombro yang berasal dari Waduk Gembong ini semakin membuat rasanya makin mantab, apalagi sambelnya bro, huha nikmat. Menunya gak cuma sombro goreng, ada juga pepes telur sombro, wah itu kesukaan saya, ajibbb.

4. Rambutan: Sebagian besar wilayah Pati memang cocok untuk ditanami rambutan, namun sudah diketahui bersama bahwa rambutan dari Gembong kalau pas musimnya akan membanjiri wilayah Kota Pati. Masyarakat Pati juga lebih menyukai rambutan dari Gembong yang biasanya memiliki ragam jenis, dari mulai rambutan klengkeng, rambutan binjai sampai rambutan dari jenis biasa.

5. Madu Gembong: Madu Gembong meliputi madu klanceng, madu tawon, dan madu liar ada semua di Gembong, banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Harganya murah dan kebanyakan para penjual dari Gembong masih baik-baik, artinya jarang mereka menjual madu yang oplosan. Biasanya botol kecil harganya 40an ribu, dan yang botol besar antara 80-90an ribu. Dari mulai Dusun Ngembes sampai Gembong dipinggir-pinggir jalan akan mudah menemukan madu Gembong. Sayangnya, masyarakat belum nyadar pentingnya brand untuk memasarkan produknya, jadi biasanya kalau sudah dibeli orang-orang dari luar daerah akan diberi merk-merk oleh mereka. Biasanya para penjual madu dari Gembong memasarkan madunya tidak hanya di sekitar Pati, tapi sampai Jakarta bahkan luar Jawa. Intinya selamat mencoba Pak Dhe.

6. Kopi Jolong: Kopi Jolong ini terletak di Jolong, daerah dengan keindahan alam yang luar biasa. Tempatnya sejuk dan eksotis, hampir semua wilayahnya dikelilingi tanaman kopi, dan sebagian kecil lagi coklat. Di Jolong juga terdapat pabrik kopi yang sudah berdiri sejak zaman Kolonial Belanda. Sudah barang tentu,  wilayah ini adalah penghasil kopi terbesar di Kabupaten Pati dan sekitarnya. Kopinya sudah beredar ke seluruh negeri, bahkan sudah sampai Eropa. Bagi penikmat kopi, harus nyoba kopi Jolong, dijamin gak nyesel.


7. Ceriping pisang: Sama halnya dengan rambutan, ceriping pisang juga bisa ditemukan di hampir semua wilayah di Kabupaten Pati. Hanya saja ceriping pisang yang terdapat di Dusun Ngembes memang beda, rasanya yang nikmat, gurih dan renyah membuat masyarakat menyukainya. Sayangnya, lagi-lagi karena pemiliknya kurang sadar merk atau brand, akhirnya biasanya orang-orang membeli dari Dusun Ngembes tetapi nanti dipasangi merk-nya sendiri-sendiri, sayang sekali ya…. Saya sudah pernah membawa ceriping ini diJogja, rata-rata mereka kagum dengan rasanya yang super wennnnnnakkkk. Apalagi kalau gratis, “mandeg paet” cahhhh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar