Minggu, 31 Agustus 2014

Alhamdulillah.. Majalah NUANSA NU Pati Terbit


Ketika melihat proses pemilihan presiden 9 Juli 2014, kita bisa menyaksikan bagaimana media menjadi alat efektif bagi masing-masing kandidat untuk mensosialisasikan visi-misi dan program-program yang akan dijalankan selama lima tahun mendatang. Di sisi lain, media juga menjadi alat efektif bagi masing-masing kandidat untuk menyerang, memfitnah dan memprovokasi satu sama lain. Bahkan, bila kita bergeser dalam konteks perkembangan politik Islam dalam beberapa dekade terakhir, sungguh kita akan disuguhi pemberitaan-pemberitaan sesat dari media-media Barat terhadap umat Islam. Munculnya label teroris, intoleran, gemar melakukan kekerasan dan haus darah merupakan produk dari penggiringan persepsi yang salah (sesat) oleh media barat. Mereka dapat dengan mudah leluasa melakukan propaganda miring terhadap umat Islam sebab jaringan media internasional berhasil mereka kuasai (seperti CNN, BBC, Fox dan lain-lain). Melihat realita tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa peran media begitu vital dalam membangun sebuah image atau citra seseorang maupun kelompok.


Untuk itulah, pengurus LTN PCNU Pati periode 2013-2018 merasa terpanggil untuk ikut menciptakan tradisi jurnalistik di tengah-tengah masyarakat Nahdliyin Pati. Meskipun goresan ini masih sederhana dan jauh dari kesan ideal, tetapi kami bangga karena sudah berani melangkahkan kaki untuk mencoba dan memulainya. Bagi kami, penguasaan media bagi NU harus diawali dan perjalanannya harus diperjuangkan, karena hal ini menjadi langkah strategis untuk mensyiarkan NU dan mensyiarkan ajaran-ajarannya. Apalagi, kepengurusan LTN kali ini diisi oleh generasi muda NU yang progresif.

Atmosfir baik ini harus senantiasa dijaga, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Bapak Bangsa Soekarno bahwa, “berikan saya 10 pemuda maka akan ku goncangkan dunia”. Ungkapan itu kiranya bisa menjadi spirit bagi pengurus LTN NU dan Dewan Redaksi NUANSA untuk senantiasa berkarya dan membuat inovasi-inovasi positif secara istiqomah. Pada akhirnya, Majalah NUANSA yang ada di tangan pembaca adalah edisi pertama yang mengangkat tema tentang urgensi media bagi NU. Kami menyadari masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, oleh karena itu, saran, kritik dan doa senantiasa kami tunggu untuk kemajuan majalah NUANSA dan NU yang kita cintai. (Faiz Aminuddin).


Majalah NUANSA diterbitkan oleh LTN PCNU Pati sebagai media informasi warga nahdliyin Pati, khususnya berkaitan dengan isu-isu aktual Nahdlatul Ulama baik dalam level nasional maupun lokal. Pelindung: KH. Aniq Muhammadun & Drs. H. Ali Munfaat, M.Pd. Penasehat: Drs. H. Yusuf, Drs. Subhan, Amin Musthofa dan Agus Salim. Pimpinan Umum: H. Ulin Nuha, LC. Pimpinan Redaksi: Faiz Aminuddin, MA. Sekretaris Redaksi: Ahmad Fauzan, M.S.I. Reporter: Sri Sundari & Neni Nofriantika. Staf Redaksi: Suparmin, S.H.I, Imam Ali Ghufron, S.Pd.I, Sinta Eka J dan Nur Alimah. Layouter: Muhammad Ghufron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar